Departemen Biologi FMIPA UI

Departemen ​​Biologi FMIPA UI telah berusia 61 tahun pada tahun 2021. Departemen Biologi merupakan salah satu dari lima departemen yang ada di Fakultas MIPA UI. Hingga tahun 2021 telah membangun suasana akademik yang kondusif, didukung oleh sarana dan prasarana yang sangat memadai.

Memiliki visi “sebagai pusat unggulan pendidikan dan penelitian konservasi biodiversitas yang mendukung peningkatan sumberdaya manusia yang mampu berperan dan bersaing di tingkat nasional dan internasional” dan misi “berperan aktif mengembangkan Biologi terutama dalam lingkup konservasi biodiversitas melalui pelaksanaan pengembangan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat yang berkesinambungan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Departemen Biologi memiliki empat program studi yaitu Program Studi Sarjana Biologi, Program Studi Magister Biologi, Program Studi Magister Ilmu Kelautan, dan Program Studi Doktor Biologi. Prodi Sarjana dan Magister Biologi telah memperoleh akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional – Perguruan Tinggi (BAN-PT). Prodi Sarjana Biologi telah diases di tingkat ASEAN melalui ASEAN University Network – Quality Assurance (AUN-QA) dan sedang dalam persiapan akreditasi internasional ASIIN.

Departemen Biologi mendukung Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kemendikbud melalui pembukaan mata kuliah secara daring atau Massive Open Online Courses (MOOCs) yang dapat diikuti oleh mahasiswa dari dalam dan luar negeri. Didukung oleh dosen-dosen yang memiliki kepakaran di kelompok ilmu hewan, botani dan mikrobiologi dan melakukan riset dalam 5 kelompok riset WILD (Wild and Sustainable landscape), MSP (Microbial Systematics and Prospecting), CEEB (Community Ecology and Environmental Biology), CeMBioS (Cellular and Molecular Mechanisms in Biological System), dan MeCE (Metabolomics and Chemical Ecology) akan memberi pengalaman belajar dan riset yang memenuhi profil lulusan mahasiswa Sarjana, Magister dan Doktor Biologi.

Saat ini Departemen Biologi memiliki 40 orang dosen tetap dan tidak tetap, dengan komposisi 2 orang Guru Besar, 25 orang bergelar Doktor dan 5 orang bergelar Magister. https://biologi.ui.ac.id