Departemen Geografi FMIPA UI

Ditinjau dari sejarahnya, berdirinya Jurusan Geografi FMIPA UI pada tahun 1950-an dipelopori TNI Angkatan Darat, dalam hal ini Jenderal Gatot Subroto, yang dilatarbelakangi oleh keinginan untuk menyediakan tenaga-tenaga ahli dalam pembuatan dan analisis peta bagi keperluan militer. Oleh karena itu tidak mengherankan apabila sejak diresmikan pada tanggal 27 Nopember 1959, segala aktivitas perkuliahan diadakan di Gedung Lembaga Geografi Jawatan Topografi (Jantop) TNI-AD yang berlokasi di Jl. Dr. Wahidin No 11, Gunung Sahari Jakarta Pusat sebelum dipindahkan ke Kampus UI Salemba pada tahun 1976.

Pada saat itu, program studi yang dibuka hanya diperuntukkan bagi pendidikan Program Sarjana. Jumlah mahasiswa yang mendaftar pada angkatan pertama adalah lebih dari 100 orang. Pada masa itu, Jurusan Geografi berada di bawah pengelolaan Fakultas Ilmu Pasti dan Alam Universitas Padjajaran (FIPIA-Unpad) di Bandung. Barulah pada tahun 1966, pengelolaan Jurusan Geografi dipindahkan ke Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia (FMIPA – UI) berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 79 tanggal 8 Oktober 1966.

Dengan selesainya pembangunan Kampus Universitas Indonesia di Depok, Jawa Barat pada tahun 1987, kegiatan perkuliahan dan administrasi pendidikan Jurusan Geografi dipindahkan dari Salemba ke Depok. Pada tahun 1998, Departemen Geografi membuka Program Magister Ilmu Geografi. Memiliki visi “sebagai “Pusat Unggulan (Center of Excellence) di bidang Geografi yang diakui secara nasional dan mampu berperan aktif di tingkat global” dan misi (i) menyelenggarakan kegiatan pendidikan tinggi geografi berbasis kompetensi dan riset, (ii) menyelenggarakan kegiatan penelitian untuk pengembangan ilmu dan riset terapan, (iii) menyelenggarakan kegiatan pengabdian untuk meningkatkan taraf dan kualitas kehidupan masyarakat Indonesia serta kemanusiaan, (iv) menyelenggarakan kegiatan pelayanan terbaik di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

Program Studi Sarjana Geografi dan Program Studi Magister Ilmu Geografi telah memperoleh akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional – Perguruan Tinggi (BAN-PT). Pada tahun 2021 Prodi Sarjana Geografi sedang dalam persiapan akreditasi internasional ASIIN. Departemen Geografi mendukung Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kemendikbud melalui pembukaan mata kuliah secara daring atau Massive Open Online Courses (MOOCs) yang dapat diikuti oleh mahasiswa dari dalam dan luar negeri.

Didukung oleh 38 orang dosen tetap dan tidak tetap (22 bergelar Doktor dan 16 bergelar Magister) dengan bidang peminatan yang dikembangkan oleh Departemen Geografi FMIPA UI yaitu Kelompok Bidang Peminatan (KBP) Geografi Fisik, KBP Aplikasi Sistim Informasi Geografis dan Penginderaan Jauh, serta KBP Pengembangan Wilayah. https://geografi.ui.ac.id