Departemen Kimia FMIPA UI

Departemen Kimia didirikan pada tahun 1960 (dengan SK. Menteri Pendidikan, Pengajaran dan Kebudayaan RI, no. 108094/UU tanggal 21 Desember 1960). Penerimaan mahasiswa baru dilaksanakan pada bulan September 1960 di bawah naungan Fakultas Ilmu Pasti dan Ilmu Alam-Universitas Indonesia (FIPIA-UI). Departemen Kimia membuka program Magister Ilmu Kimia (S2) pada tahun 1993 (SK Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI NO.577/DIKTI/ Kep/1993) dan Program Doktor Ilmu Kimia (S3) pada tahun 2001 (SK Direktur Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional RI No. 77/DIKTI/Kep/2001).

Memiliki visi “Menjadi pusat unggulan dalam pendidikan dan penelitian kimia, yang mampu berkontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di tingkat nasional dan internasional” dan misi (i) menghasilkan lulusan yang dapat bersaing di tingkat nasional dan internasional serta mampu beradaptasi dengan perubahan, dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, (ii) mengembangkan program studi yang berkualitas dan mampu berperan dalam kemajuan Ilmu Kimia dan aplikasinya, (iii) memberikan kontribusi dalam penyelesaian masalah kimia dalam masyarakat khususnya di wilayah urban.

Program Studi Sarjana dan Magister Ilmu Kimia telah memperoleh akreditasi A, sementara Program Studi Doktor Ilmu Kimia telah mendapat akreditasi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional – Perguruan Tinggi (BAN-PT). Prodi Sarjana Kimia telah diases di tingkat ASEAN melalui ASEAN University Network – Quality Assurance (AUN-QA) dan telah mendapatkan akreditasi internasional The Royal Society Chemistry (RSC). Departemen Kimia mendukung Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kemendikbud melalui pembukaan mata kuliah secara daring atau Massive Open Online Courses (MOOCs) yang dapat diikuti oleh mahasiswa dari dalam dan luar negeri.

Didukung oleh 31 orang dosen tetap dan tidak tetap (6 orang Guru Besar, 18 bergelar Doctor, dan 7 bergelar Magister) Departemen Kimia FMIPA UI dapat menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki keterampilan, kecakapan, serta tanggung jawab sebagai tenaga professional, ilmuan, cendikiawan dalam bidang ilmu kimia https://chem.ui.ac.id