FMIPA UI Selenggarakan Pilmapres 2024, Dekan : Tunjukkan Prestasi Terbaik!

Bagikan

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia menggelar Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) Utama dan Kategori 2024 bertajuk “Merdeka Berprestasi Talenta Mahasiswa Indonesia Menginspirasi”, pada Kamis pagi (7/3/2024), di Aula Prof. Dr. G.A. Siwabessy, Kampus UI, Depok.

Kegiatan ini diikuti oleh total 24 mahasiswa yang merupakan perwakilan dari masing-masing departemen dan program studi. Peserta terdiri dari 4 Mahasiswa Departemen Matematika, 3 Mahasiswa Departemen Kimia, 1 Mahasiswa Departemen Fisika, 7 Mahasiswa Departemen Biologi, 5 Mahasiswa Departemen Geografi, 3 Mahasiswa Prodi Geofisika, dan 1 Mahasiswa Departemen Geologi.

Dekan FMIPA UI, Prof. Dede Djuhana, Ph.D. dalam sambutannya menyampaikan bahwa FMIPA UI terus mendukung mahasiswa untuk meningkatkan prestasinya. Salah satunya melalui kegiatan Pilmapres yang merupakan ajang bergengsi di kalangan mahasiswa untuk saling unjuk prestasi.

“FMIPA UI terus berupaya untuk meningkatkan prestasi mahasiswanya, salah satunya melalui kompetisi Pilmapres yang diselenggarakan setiap tahun. Pilmapres ini harus menjadi motivasi bagi kalian untuk menunjukkan prestasi yang terbaik,” kata Prof. Dede.

Beliau juga mengingatkan kepada mahasiswanya untuk mampu beradaptasi dengan perubahan, dan terus semangat belajar sepanjang hayat. Apalagi, lanjut Dekan, saat ini kehadiran perkembangan teknologi terjadi dengan begitu cepat. Hal ini bisa dimanfaatkan mahasiswa sebagai peluang emas dalam meningkatkan kemampuan hard skill dan soft skill.

“Masa-masa kuliah ini adalah masa emas untuk mengasah kemampuan akademik sekaligus non akademik. Apalagi saat ini kita berada di era perkembangan teknologi yang begitu cepat, Maka manfaatkan kesempatan yang ada sebaik-baiknya untuk belajar dan meraih capaian,” ujar Prof. Dede.

“Kita tunjukkan bahwa FMIPA UI yang terbaik.  Saya mengharapkan kalian menjadi representasi bagi pelajar-pelajar Indonesia yang memiliki sikap dan perilaku yang patut diteladani. Selamat berjuang selamat berkompetisi,” imbuhnya.

Dengan begitu kedepannya, mahasiswa diharapkan mampu mengamalkan ilmu yang didapat untuk membantu menyelesaikan permasalahan yang berkembang di tengah masyarakat.

Ketua Pelaksana Dr. Dewi Susiloningtyas, S.Si., M.Si menyampaikan “Untuk Mapres Utama terdapat 12 peserta, dan untuk Mapres Kategori juga terdapat 12 peserta. Kategori pada pilmapres tahun ini masih sama dengan tahun sebelumnya yaitu ada kewirausahaan, olahraga, seni dan budaya, serta sosial dan lingkungan,” kata Dr. Dewi.

Manajer Kemahasiswaan FMIPA UI tersebut juga menjelaskan bahwa ada yang berbeda pada pelaksanaan pilmapres tahun ini. Perubahan ada pada waktu dan tempat pelaksanaan seleksi Mapres Kategori. Dimana Mapres Kategori pada tahun ini, dilaksanakan bersamaan dengan seleksi Mapres Utama, namun lokasinya berbeda. Mapres Kategori dilaksanakan di Gedung Laboratorium Riset Multidisiplin FMIPA UI – PT Pertamina (Persero).

Beliau juga mengatakan bahwa panitia akan mengumumkan para juara Mapres Utama dan Kategori sore hari setelah seluruh rangkaian kegiatan selesai.

“Jadi untuk hari ini akan dilaksanakan penjurian Bahasa Inggris dengan presentasi gagasan kreatif, dari seluruh peserta mapres utama di Aula ini. Sekaligus pengumuman juara Mapres Utama dan kategori sore nanti setelah seluruh rangkaian acara selesai,” ujarnya.

Perihal tahap penjurian, beliau menjabarkan bahwa tahapan penjurian Pemilihan Mahasiswa Berprestasi FMIPA UI 2024 ini terdiri atas CV Unggulan, Gagasan Kreatif, serta Bahasa Inggris. Untuk mapres kategori terdiri dari CV, Gagasan Kreatif, serta presentasi Gagasan Kreatif menggunakan Bahasa Indonesia.

Penjurian terhadap Mapres Utama CV Unggulan, dan Gagasan Kreatif telah dilaksanakan penjurian pada hari sebelumnya yakni Senin-Kamis, 4-6 Maret 2024.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian, dan Kemahasiswaan; Prof. Dr. rer.nat. Budiawan, Wakil Dekan Bidang Sumber Daya, Ventura, dan Administrasi Umum; Dr. Tito Latif Indra, Manajer Pendidikan; Rika Tri Yunarti, S.Si., M.Eng., Ph.D, Para Ketua Departemen, Ketua Prodi di lingkungan FMIPA UI.

Pilmapres diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI), Sekretariat Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi sebagai upaya dalam mendorong mahasiswa untuk tidak hanya unggul dalam akademik, namun juga menjadi individu yang kreatif, inovatif, berdaya saing tinggi, dan berkarakter.

Penilaian keunggulan mahasiswa berprestasi akan dievaluasi dari aspek pengetahuan dan keterampilan serta keterampilan hidup, di antaranya komunikasi, kolaborasi, berpikir kritis, kreativitas, dan karakter unggul lainnya.

Disamping itu, tata cara pemilihan dilakukan secara berjenjang, berprinsip kesetaraan antara PTN dan PTS, serta berasas keterwakilan wilayah yang dilanjutkan dengan pembekalan keterampilan hidup di tahap final.