FMIPA UI Umumkan Mapres Utama dan Kategori Pilmapres 2024

Bagikan

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Rangkaian kegiatan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia (FMIPA UI) tahun 2024 telah selesai. Usai menggelar seleksi bagi Mapres Utama dan Mapres Kategori pada Kamis pagi (7/3/2024) di Aula Prof. Dr. G.A. Siwabessy, Kampus UI, Depok, tim juri kemudian menetapkan para juara ajang bergengsi di kalangan mahasiswa ini pada sore harinya. Sebanyak 24 mahasiswa ikut dalam kontestasi tahunan tersebut. Mereka merupakan perwakilan dari masing-masing departemen dan program studi.

Pengumuman para juara Mapres FMIPA UI tahun 2024 baik Utama, maupun Kategori dibacakan langsung oleh Dr. Dewi Susiloningtyas, S.Si., M.Si. selaku ketua pelaksana sekaligus Manajer Kemahasiswaan FMIPA UI.

Untuk Mapres Utama, juara satu diarih oleh Adnan Hasyim Wibowo (Geofisika 2021), disusul  Adawia Ananda (Statistika 2021) sebagai juara dua, dan Nadira Putri Wijaya (Matematika 2021) sebagai juara tiga.

Sedangkan untuk Mapres Kategori yang terdiri dari Kategori Kewirausahaan, Kategori Olahraga, Kategori Seni dan Budaya, dan Kategori Sosial dan Lingkungan, secara berturut-turut diraih oleh Satrio Rifqi Wicaksono (Geografi 2020), Raisya Khoiri Sukmana Assalaam (Geografi 2022), Kezia Aurellia (Kimia 2021), dan Adrian AL-Farisi (Geografi 2021).

Usai mengumumkan nama-nama para juara, Dr. Dewi selaku ketua pelaksana sekaligus atas nama pimpinan di lingkungan FMIPA UI, mengucapkan selamat kepada mahasiswa yang berhasil meraih gelar juara. Beliau juga memberikan semangat kepada mereka yang akan berhadapan dengan Mapres lain dari fakultas-fakultas di UI pada tahap Pilmapres tingkat Universitas yang rencananya akan digelar di UI pada bulan April 2024.

Beliau mengingatkan kepada Mapres FMIPA UI agar mempersiapkan diri sebaik-baiknya sebagai bekal menghadapi seleksi Pilmapres 2024 di tahap berikutnya.

“Selamat kepada para juara. Ingat ini bukan akhir dari kompetisi melainkan langkah awal yang baru menghadapi tahapan-tahapan yang akan kita hadapi selanjutnya. Masih ada seleksi di tingkat UI, hingga nasional,” katanya.

Lebih lanjut beliau berharap, agar mereka sebagai perwakilan dari FMIPA UI bisa lolos di tahap tersebut, sehingga bisa mewakili UI di seleski tahap nasional, dan mempersembahkan gelar juara bagi UI dan FMIPA.

“Semoga tahun ini menjadi momen bagi kita bisa mendapatkan lagi gelar juara, yang bisa kita persembahkan untuk UI dan FMIPA, yang penting berusaha yang terbaik juga maksimal,” ujar Dr. Dewi menutup sambutannya.

Sebagai informasi, rangkaian kegiatan seleksi calon Mapres di tingkat FMIPA UI sendiri telah dimulai dengan agenda penjurian terhadap 12 peserta Mapres Utama. Ditahap ini peserta mengikuti seleksi penilaian CV unggulan, dan gagasan kreatif pada tanggal 4 – 6 Maret 2024.

Adapun komponen penilaian dalam seleksi Mapres Utama CV Unggulan terdiri atas tiga komponen utama yakni verifikasi, capaian unggulan, dan keseluruhan.

Komponen verifikasi merujuk pada keaslian data prestasi, sementara pada komponen capaian unggulan terdapat bidang-bidang penilaian yakni bidang kompetisi, pengakuan, penghargaan, karier organisasi, hasil karya, pemberdayaan atau aksi kemanusiaan, dan kewirausahaan. Komponen terakhir merupakan penilaian keseluruhan yang meliputi capaian lain selain capaian unggulan, tata bahasa penulisan CV, dan struktur penulisan CV.

Sedangkan kriteria yang diterapkan bagi Mapres Gagasan Kreatif meliputi naskah Gagasan Kreatif (GK) untuk menyelesaikan masalah pembangunan yang berkaitan dengan Sustainable Development Goals (SDGs), dan Revolusi Industri 4.0. Naskah tersebut dapat berupa konsep/strategi.