BEASISWA FMIPA UI

Beasiswa adalah bantuan yang diberikan kepada mahasiswa sebagai bentuk apresiasi prestasi mahasiswa ataupun berupa bantuan Biaya Pendidikan bagi mahasiswa yang mempunyai keterbatasan finansial.

Capaian Beasiswa

Beasiswa yang tersedia di FMIPA UI

1. Beasiswa Universitas

Beasiswa BOP (Universitas) : Beasiswa Universitas Indonesia disalurkan dalam bentuk Biaya Operasional Pendidikan (BOP) yang merupakan skema pemberian beasiswa berupa pengurangan besaran BOP dan besaran Uang Pangkal (UP). Beasiswa ini dapat diajukan oleh Mahasiswa (terakhir tahun 2022) pada saat periode  awal registrasi administrasi perkuliahan. Untuk saat ini, Mahasiswa dapat mendapatkan melalui Sistem Pengajuan UKT Berkeadilan yang dilakukan pada awal registrasi administrasi perkuliahan.

2. Beasiswa Pemerintah

a). Beasiswa KIP Kuliah

Beasiswa Kartu Indonesia Pintar : Pemerintah Indonesia mengeluarkan Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah) sebagai salah satu bentuk bantuan pendidikan yang diberikan kepada lulusan SMA, SMK atau sederajat dari keluarga kurang mampu agar dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. Beasiswa yang diberikan berupa bantuan Biaya Pendidikan at cost sesuai akreditasi prodi dan Biaya Penunjang Pendidikan sampai semester 8 untuk S1 Reguler/D4 dan semester 6 untuk Pendidikan Vokasi. Bagi mahahasiswa yang sudah direkomendasikan KIPK sebelumnya tidak perlu melakukan pendaftaran pada seleksi ini [beasiswa.ui.ac.id].

b). Beasiswa KJMU

Beasiswa Kartu Jakarta Mahasiswa Unggul (KJMU) meruapakan bantuan yang diberikan kepada calon mahasiswa baru/mahasiswa aktif  yang berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dan berdomisili di Jakarta untuk menempuh pendidikan tinggi. Beasiswa yang diberikan berupa bantuan biaya pendidikan setiap semesternya.

3. Beasiswa Swasta

Mahasiswa S1, S2, dan S3 FMIPA juga mendapat kesempatan untuk memperoleh beasiswa dari pihak luar seperti bank dan perusahaan swasta lainnya. Beasiswa yang diberikan. Ada beasiswa yang hanya memberikan uang saku per bulan selama setahun, dan ada pula beasiswa yang memberikan uang saku bulanan ditambah dengan tunjangan BOP sampai mahasiswa tersebut lulus. Setiap tahunnya, sekitar 900 mahasiswa FMIPA UI dari seluruh angkatan dan Program Studi mendapat beasiswa dari berbagai sponsor. Beberapa beasiswa Mitra UI :

a). Beasiswa Unggulan Bank Indonesia

Beasiswa ini merupakan beasiswa bantuan biaya penunjang pendidikan per bulan ditambah komponen berupa: Pelatihan dari Bank Indonesia (penulisan opini di media cetak, & pelatihan public speaking),Mengikuti GenBI Capacity Building, Leadership Camp, kesempatan pembuatan projek sosial & berkontribusi aktif didalamnya, kesempatan untuk mengikuti acara yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia (seperti Y20, ISEF, IMF-WB Annual Meeting, dan konferensi internasional lainnya); Mengembangkan jaringan persaudaraan dengan komunitas GenBI Nusantara (Komunitas penerima beasiswa BI se-Indonesia, beserta alumninya) [beasiswa.ui.ac.id].

b). PT Adaro Indonesia

Beasiswa ini merupakan beasiswa yang diberikan ke[ada 30 Mahasiswa S1 Sarjana yang berasal dari Fakultas Kedokteran, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, dan Fakultas Teknik Kedokteran minimal semester III. Komponen beasiswa yang diberikan adalah Beasiswa Penunjang Pendidikan per bulan yang diberikan setiap triwulan selama satu tahun [beasiswa.ui.ac.id].

c). Beasiswa Bakti BCA

Beasiswa ini adalah beasiswa yang diberikan oleh Yayasan Bakti BCA. Beasiswa ini diperuntukkan bagi mahasiswa program Sarjana (S1) Universitas Indonesia dari seluruh fakultas. Komponen yang diberikan adalah Biaya Pendidikan dan Biaya Penunjang Pendidikan untuk periode 2 (dua) semester Tahun Akademik 2022/2023 [beasiswa.ui.ac.id].

d). Beasiswa Program Teladan Tanoto Foundation

Beasiswa ini merupakan beasiswa yang diberikan oleh Tanota Foundation yang kepada mahasiswa/I program S1 angkatan aktif berasal dari daerah 3T (terdepan, terluar, tertinggal) atau Mahasiswa aktif UI dengan disabilitas yang memiliki kemampuan, prestasi, dan potensi menjadi pemimpin yang cakap, unggul dan bertanggung jawab. Komponen beasiswa yang diberikan adalah Biaya Pendidikan dan Biaya Penunjang Pendidikan [beasiswa.ui.ac.id].

Untuk informasi pengajuan beasiswa tersebut dapat dilihat di web beasiswa.ui.ac.id

Mahasiswa FMIPA UI Penerima Beasiswa dapat diakses di : https://s.id/BeasiswaMahasiswaFMIPAUI

DAFTAR BEASISWA

Beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) Bantuan Biaya Pendidikan Tahun 2023

Pendidikan tinggi merupakan bagian dari pembangunan sumberdaya manusia, sebagai investasi bangsa untuk menyongsong masa depan menuju Indonesia maju. Melalui Program Indonesia Pintar (PIP),Kemendikbudristek memberikan bantuan biaya pendidikan sebesar Rp2.400.000,-.

Syarat dan Ketentuan :

  1. Mahasiswa program sarjana dan diploma berstatus akademik aktif angkatan 2020-2023 dengan melampirkan fotokopi KTM;
  2. Melampirkan foto atau scan KTP
  3. Melampirkan Kartu Keluarga (KK);
  4. Mahasiswa dengan besaran UKT maksimal Rp2.400.000,- per semester
  5. Mahasiswa dari keluarga dengan pendapatan kotor gabungan orang tua/wali maksimal Rp4.000.000,00 (empat juta rupiah) atau jika dibagi jumlah anggota keluarga maksimal Rp750.000,00 (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah) per anggota keluarga dengan melampirkan slip gaji atau surat keterangan penghasilan dari RT/RW setempat;
  6. Mahasiswa yang tidak sedang dibiayai oleh Program KIP Kuliah atau program beasiswa lainnya yang bersumber dari APBN/APBD atau swasta yang telah membiayai UKT/SPP secara penuh/sebagian dengan melampirkan surat pernyataan sedang tidak menerima beasiswa atau bantuan dana dari institusi lain
  7. Melampirkan surat pernyataan bukan perokok aktif;
  8. Wajib mengisi data pada link https://bit.ly/PIPBBP2023

Daftar disini (https://bit.ly/PIPBBP2023)

Untuk informasi pengajuan beasiswa tersebut dapat dilihat di web beasiswa.ui.ac.id