FMIPA UI memiliki berbagai macam bentuk layanan bagi mahasiswa FMIPA UI guna untuk meningkatkan mutu dan kenyamanan mahasiswa dalam menjalani kehidupan berkampus di FMIPA UI. (SIAKNG, Email UI, EDOM, Office 365 UI, EMAS, Beasiswa UI).

Asrama UI sebagai tempat yang nyaman dalam rangka membentuk insan akademis yang cerdas dan memiliki semangat kebangsaan serta kesadaran Bhineka Tunggal ika hingga tercipta rasa kebersamaan. Menjadi pilihan bagi Mahasiswa FMIPA UI yang berasal dari luar Jabodetabek untuk dapat menghuni di asrama UI.  Bagian Kemahasiswaan FMIPA UI dalam hal ini akan memberikan surat rekomendasi bagi mahasiswa yang memenuhi syarat untuk menghuni asrama UI.

Untuk informasi terkait asrama UI dapat dilihat disini

Bagian Kemahasiswaan FMIPA UI menyediakan wadah untuk berkonsultasi dalam  penyelesaian masalah mahasiswa, baik masalah akademik, keluarga, ataupun pribadi.  Bagi mahasiswa yang membutuhkan layanan BKM (bimbingan Konseling Mahasiswa) ini dapat menghubungi petugas konselor BKM. Dekan FMIPA UI mengeluarkan surat keputusan mengenai petugas konselor BKM yang dapat diakses disini. Adapun, petugas konselor BKM (Badan Konseling Mahasiswa) sebagai berikut :

NoNamaKeterangan
1Prof. Dr. rer.nat. BudiawanWakil Dekan Pendidikan, Penelitian, dan Kemahasiswaan
2Dr. Tito Latif Indra, M.Si.Wakil Dekan Bidang Sumber Daya, Ventura dan Administrasi Umum
3Dr. Dewi Susiloningtyas, S.Si., M.SiManajer Kemahasiswaan
4Siti Fatimah, M.Sc.Dosen Matematika
5Akbar Azizi, S.Si., M.Si.Dosen Fisika
6Dra. Sri Handayani, M.Biomed.Dosen Kimia
7Dr. Riani Windiarti, S.Si., M.Si.Dosen Biologi
8Ratri Candra Restuti, M.Si.Dosen Geografi
9Ayunda Aulia Valencia, S.T., M.T.Dosen Geosains
10Mochamad RamlihTendik Kemahasiswaan
11Bintang Mahakarya Sembahen, S.Si.Tendik Kemahasiswaan
12Gatot SugiantoroTendik K3L
13Dianyra Azzahra, Deputi Internal Adkesma BEMMahasiswa
14Tyas Dita Astari, S.K.MTendik Kesekretariatan
15Naeela Mareta Ayudhia, Staf Adkesma BEMMahasiswa
16Yusnia Ismala Dewi, Biologi 2021Mahasiswa
17Maulida, Fisika 2021Mahasiswa
18Elang Maulana Prastyo, Geografi 2021Mahasiswa
19Rayhan Sumardi, Kimia 2021Mahasiswa
20Indah Cahya Fitria, Geosains 2021Mahasiswa
21Wahida Hamida Bahar, Matematika 2021Mahasiswa

Rapat Koordinasi Bidang Kemahasiswaan dan Konseling Bimbingan Mahasiswa

Bogor, 20 – 21 Oktober 2023 – Kemahasiswaan FMIPA UI mengadakan rapat koordinasi bidang kemahasiswaan dan konseling bimbingan mahasiswa dengan mengundang petugas konseler BKM FMIPA UI. Rapat ini diadakan di Hotel Sahira, Bogor. Tujuan kegiatan ini untuk berkoordinasi memberikan bantuan kepada mahasiswa dalam memahami permasalahan yang mereka hadapi serta memberikan bimbingan untuk menemukan jalan keluar yang terbaik.

Rapat koordinasi ini diikuti oleh dua puluh delapan peserta yang dihadiri oleh Prof. Dr. rer. nat. Budiawan selaku Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian, dan Kemahasiswaan, Dr. Tito Latif Indra, M.Si selaku Wakil Dekan Bidang Sumber Daya, Ventura, dan Administrasi Umum, Dr. Dewi Susiloningtyas, M.Si selaku Manajer Kemahasiswaan, Akbar Azzi, S.Si., M.Si Dosen Departemen Fisika, Dra. Siti Aminah, M.Kom Dosen Departemen Matematika, Dra. Sri Handayani, M.Biomed Dosen Departemen Kimia, Dr.Riani Widiarti. S.Si., M.Si Dosen Departemen Biologi, Pranda Mulya Putra, Ph.D Dosen Departemen Geografi, Ayunda Aulia Valencia, S.T., M.T Dosen Program Studi Geologi dan Geofisika, Koordinator dan Staff Kemahasiswaan, Adkesma BEM FMIPA UI, dan Perwakilan Mahasiswa Departemen.

Rapat Koordinasi ini diadakan untuk berdiskusi bagaimana menangani permasalahan kesehatan mental yang dialami oleh Mahasiswa FMIPA UI. Dalam pertemuan ini kami mengundang Narasumber dari BKM Fakultas Psikologi yaitu Wuri Prasetyawati, S.Psi., M.Psi., Ph.D., Psikolog, dan Musannidah Corlin dari TEDUH. Rapat ini menambah pengetahuan mengenai prosedur bimbingan mahasiswa di FMIPA UI, edukasi mengenai pendampingan mahasiswa dengan ide bunuh diri, pengetahuan mengenai aplikasi yang menyediakan layanan untuk mengetahui kesehatan mental dari seseorang, dan edukasi mengenai penanganan yang dapat dilakukan untuk memahami mahasiswa untuk menyelesaikan permasalahannya. Dengan adanya rapat ini diharapkan dapat membantu para badan konselor mahasiswa dalam membantu mahasiswa untuk memahami permasalahan mereka dan membantu untuk menemukan solusi atas permasalahan tersebut.

Dokumentasi

Universitas Indonesia dan FMIPA  memiliki beberapa fasilitas olahraga yang dapat digunakan untuk Mahasiswa dan civitas akademika lainnya, diantaranya

Stadion UI

Stadion UI merupakan salah satu fasilitas yang diberikan kepada seluruh sivitas akademika UI. Stadion UI ini terdiri dari Soccer Field dan Running Track. Stadion ini dapat digunakan untuk kegiatan ekstrakurikuler yang mendorong potensi dan prestasi mahasiswa. Dengan rumput sintesis untuk lapangan sepakbola dan karet yang digunakan untuk lintasan atletik ini membuat mahasiswa lebih aman saat digunakan untuk berlatih dan bertanding. Hal ini untuk meningkatkan semangat yang positif, kompetitif, serta jiwa yang sportif.

Felsfest UI

Salah satu sarana olahraga lainnya yaitu Felfest UI atau Felicity Festival UI yang menyediakan fasilitas olahraga seperti kolam renang, lapangan golf driving range, dan panahan. Selain itu, felfest juga menyediakan meeting point, lakeside gathering indoor dan outdorr sebagai wedding venue yang bisa digunakan oleh masyarakat umum juga.

SOR UI

SOR UI merupakan salah satu fasilitas olahraga yang digunakan mahasiswa untuk kegiatan ekstrakuriler. SOR UI terdiri dari lapangan futsal, basket, dan volley. Selain itu terdapat fasilitas penunjanga seperti toilet, kamar mandi, ruang ganti, mushola dan tangga serta ramp untuk memfasilitasi penyandang disabilitas.

Gymnasium UI

Gymnasium UI merupakan fasilitas olahraga indoor yang mencakup lapangan voli dan lapangan bulu tangkis. Gymnasium UI sering dijadikan tempat perlombaan bola voli dan bulu tangkis antar fakultas di UI.

Lapangan FMIPA UI

Lapangan FMIPA UI merupakan salah satu fasilitas olahraga yang terdapat di Fakultas MIPA. Lapangan ini merupakan lapangan yang biasa digunakan untuk basket, futsal, dan lain sebagainya.

Universitas Indonesia memiliki 2 fasilitas kesehatan yang dapat digunakan untuk Mahasiswa dan civitas akademika lainnya diantaranya

Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI)

Merupakan salah satu fasilitas kesehatan yang dapat digunakan Mahasiswa untuk memeriksakan kesehatan mereka. RS UI ini diresmikan tahun 2019 dengan konsep hijau (Green Hospital Concept) yang ramah lingkungan dan berorientasi sepenuhnya pada keselamatan pasien. RS UI ini juga dapat digunakan untuk masyarakat umum jika ingin memeriksakan kesehatannya.

Klinik Satelit Makara UI

Selain Rumah Sakit UI, UI juga menyediakan Klinik Satelit Makara UI yang merupakan fasilitas kesehatan yang dapat digunakan mahasiswa untuk memerikasakan kesehatannya. Klinik Makara ini menyediakan layanan poliklinik umum, poliklinik gigi, farmasi dan sebagainya.