Meningkat! 5 Bidang Ilmu FMIPA UI Masuk Pemeringkatan Dunia QS WUR by Subject 2024

Bagikan

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Pencapaian membanggakan kembali ditorehkan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia (FMIPA UI) di kancah internasional. Hal ini dibuktikan dengan masuknya 5 bidang ilmu FMIPA UI dalam pemeringkatan dunia versi Quacquarelli Symonds World University Ranking (QS WUR) by Subject.

5 bidang ilmu tersebut terdiri dari Geography, Mathematics, Physics and Astronomy, Chemistry, yang masuk pada broad subject areas Natural Science, dan Biological Sciences pada broad subject areas Life Sciences & Medicine.

Jumlah bidang ilmu tersebut meningkat dari tahun sebelumnya yaitu 4 bidang ilmu. Peningkatan ini berhasil dicapai dengan masuknya bidang ilmu Chemistry dalam pemeringkatan tersebut.

Selain itu, capaian peningkatan juga terjadi pada Geography. Tahun lalu, Geography menempati urutan 151 – 200, kini meningkat ke urutan 101 – 150. Sementara Mathematics, dan Physics and Astronomy masih berada pada urutan yang sama dengan tahun sebelumnya, kedua bidang itu berada posisi 501 – 550, begitu juga pada Biological Sciences yang masih mempertahankan posisinya di urutan 551 – 600, disusul dengan Chemistry menempati urutan 601 dan 650.

Dekan FMIPA UI Prof. Dede Djuhana Ph.D. menyampaikan rasa syukur dan apresiasi kepada sivitas akademika. Menurutnya pencapaian ini adalah buah dari sinergitas dan kerja keras seluruh sivitasnya.

“Kami tentu bersyukur dan bangga atas capaian ini. Ini prestasi bersama, hasil kerja keras bersama dengan banyak pihak terutama para sivitas,” kata Prof Dede.

Dengan semakin bertambahnya bidang ilmu di FMIPA UI yang masuk dalam pemeringkatan dunia, Beliau optimis kedepannya akan lebih banyakl lagi bidang ilmu lainnya di FMIPA UI yang mampu menambah deretan panjang capaian tersebut.

Hal itu bukan tidak mungkin terjadi, karena menurutnya FMIPA UI terus berupaya mendorong peningkatan reputasi akademik baik di tingkat nasional maupun internasional dengan terus melakukan kolaborasi bersama mitra di dalam negeri maupun luar negeri, guna meningkatkan hasil riset dan inovasi.

“Kita bersama-sama bekerja keras untuk meningkatkan reputasi akademik, kerjasama dalam dan luar negeri, kegiatan riset dan inovasi-inovasi unggulan juga kita tingkatkan terus”. ujarnya.

Lebih lanjut ia berharap prestasi ini menjadi motivasi bagi sivitas akademika FMIPA UI untuk bersama-sama meningkatkan kinerja, kreatifitas dan inovasi riset, sejalan dengan upaya mewujudkan visi FMIPA UI yaitu menjadi fakultas sains unggulan yang mampu bersaing di tingkat internasional.

QS WUR by Subjects 2024 diikuti oleh 1.559 institusi dengan 64 universitas merupakan peserta baru. Pemeringkatan ini menampilkan 55 narrow subject yang dikelompokkan dalam 5 broad subject. Terdapat lima indikator dalam pemeringkatan, yakni Academic Reputation, Employer Reputation, Citations per Paper, H-Index, dan International Research Network (IRN).

Academic Reputation digunakan untuk mengumpulkan pendapat akademisi di seluruh dunia terkait penilaiannya terhadap perguruan tinggi terkait. Employer Reputation menilai matriks kelayakan kerja yang didasarkan pada reputasi pemberi kerja. Citations per Paper menjadi indikator untuk mengukur jumlah sitasi publikasi dan memperkirakan dampak dan kualitas karya ilmiah yang dihasilkan perguruan tinggi. Sementara itu, H-Index mengukur stabilitas dampak dan kualitas karya yang diterbitkan para ilmuwan, sedangkan IRN menjadi ukuran efisiensi dalam membangun kolaborasi penelitian di setiap broad subject areas.