BIDANG PENELITIAN FMIPA UI

Bidang Penelitian dan Pengabdian Masyarakat FMIPA UI secara garis besar berperan dalam pengelolaan kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan oleh dosen di FMIPA UI. Kegiatan pengelolaan ini meliputi kegiatan diseminasi hibah eksternal (dari level universitas, kementerian, maupun sumber lain), penyediaan hibah internal FMIPA UI, monitoring jalannya proses penelitian, hingga monitoring output penelitian.

Roadmap riset dan inovasi di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam mengacu pada roadmap riset dan inovasi Universitas Indonesia yang dapat dilihat pada gambar berikut.

Gambar 1. Roadmap penelitian UI hingga 2031.

Roadmap penelitian Universitas Indonesia ini didasarkan pada buku panduan Penelitian yang dirilis oleh Direktorat Riset dan Pengembangan Universitas Indonesia (https://www.ui.ac.id/road-map-riset-drp/). Hal ini menunjukkan bahwa FMIPA UI harus memberikan dukungan untuk tercapainya UI yang menjadi agen pertumbuhan ekonomi di Indonesia melalui topik-topik riset unggulan di FMIPA UI.

Penentuan bidang prioritas arah riset sebelum tahun 2020 di tingkat Universitas Indonesia didasarkan pada berbagai sumber, seperti Dewan Riset Nasional, Ditjen Dikti, analisis DRPM serta masukan pakar dan pimpinan UI. Sepuluh fokus riset di Universitas Indonesia sebelum tahun 2020 dirumuskan pada Buku rencana Induk Penelitian UI Tahun 2012, antara lain (1) Government, Democracy, And Policy Studies, (2) Indigenous Studies, (3) Nano and Advanced Technology, (4) Genome, (5) ICT, (6) Culture, (7) Energy, (8) Urban Studies and Transportation, (9) Poverty Alleviation, Child Family and Community, (10) Restoring The Earth’s Natural Support System. Dalam rangka penyelarasan riset dan inovasi, tema fokus riset UI direvisi dengan menggunakan perspektif baru, yaitu kesinambungan antara riset dasar dan penerapan dan pengembangannya untuk memecahkan masalah bangsa dan dunia. BErdasarkan hal tersebut, maka berdasarkan SK Rektor No 1738/SK/R/UI/2020, maka fokus riset Universitas Indonesia dirampingkan menjadi 5 buah fokus riset yaitu (1) Kesehatan dan kesejahteraan, (2) energi dan sumberdaya material, (3) masyarakat inovatif dan terhubung, (4) bumi, iklim, dan lingkungan dan (5) ketahanan dan keamanan.  Perjalanan arah dan fokus riset di Universitas Indonesia dapat dilihat pada gambar 2 di bawah ini.

Gambar 2. Perjalanan perubahan fokus riset di Universitas Indonesia

Kebijakan dan strategi

FMIPA UI sebagai pusat pengembangan ilmu-ilmu dasar dan aplikasinya yang meliputi bidang Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Geografi dan Geosains memiliki potensi yang besar dalm kontribusi pada lima jenis kegiatan fokus riset UI. Keterhubungan bidang unggulan riset di FMIPA UI yang mendukung fokus riset di UI dapat dilihat pada gambar 3 berikut ini.

Gambar 3. Keterhubungan bidang unggulan riset di FMIPA terhadap fokus riset UI.

Untuk mendukung tercapainya atmosfir penelitian yang baik dan meningkatkan kualitas riset yang berdaya saing di lingkungan FMIPA, maka beberapa strategis dilakukan oleh FMIPA UI, antara lain:

  1. Meningkatkan luaran riset di Jurnal Internasional bereputasi (https://www.sci.ui.ac.id/publikasi-penelitian/)
  2. Menyediakan hibah riset internal skema penugasan kepada dosen pemula untuk menginisiasi tema riset yang akan dikembangkan. (https://www.sci.ui.ac.id/hibah-riset-fmipa-ui/ )
  3. Meningkatkan karya-karya riset yang inovatif ( https://www.sci.ui.ac.id/haki-dan-inovasi/ )
  4. Melakukan perlindungan HKI atas hasil riset dan karya inovasi ( https://www.sci.ui.ac.id/haki-dan-inovasi/ )
  5. Membangun efisiensi riset melalui konsep resource sharing semua sarana dan prasarana riset. ( https://www.sci.ui.ac.id/laboratorium-penelitian/ )
  6. Memfasilitasi upaya mendapatkan grant di berbagai level kompetisi melalui kegiatan pendampingan penulisan proposal.

Lampiran PDF SK :