Alumni merupakan salah satu komponen penting yang ada di setiap departemen/ fakultas/ universitas selain dosen, karyawan dan mahasiswa. Alumni FMIPA UI merupakan bagian dari Keluarga Besar ILUNI UI, yang disebut sebagai ILUNI FMIPA UI.

Kepengurusan ILUNI FMIPA UI adalah sebagai berikut:

NoJabatanNama
PENASIHAT
1
PenasihatProf. Dr. rer. nat Abdul Haris
2
PenasihatDrs.Hendrisman Rahim
3
PenasihatDr. Drs. Tubagus Haryono, SE., MM., AK.
4
Penasihat Dr. Hotbonar Sinaga, S
KETUA & WAKIL KETUA ILUNI
1
Ketua ILUNI FMIPA UIPamela Cardinale S.Si., M.Si., PC®
2
Wakil Ketua 1 : Ketua ILUNI Dep. MatematikaShafira Bawazier, S.Si.
3
Wakil Ketua 2 : Ketua ILUNI Dep. FisikaDrs. Satya Heragandhi, M.Sc.
4
Wakil Ketua 3 : Ketua ILUNI Dep. KimiaDr. Nadirah, M.Sc.
5
Wakil Ketua 4 : Ketua ILUNI Dep. BiologiShobi Lawalata, S.Si.
6
Wakil Ketua 5 : Ketua ILUNI Dep. GeografiDarsono, S.Si., M.Si.
BENDAHARA
1
Bendahara ILUNI FMIPA UIPoppy Juanita Dewayani, S.Si, MM-DESS CAAE, CFP®, AEPP®, QWP®
SEKRETARIS & WAKIL SEKRETARIS
1
Sekretaris Jenderal ILUNI FMIPA UIDra. Siti Alawiyah (Ella)
2
Wakil Sekretaris Jenderal ILUNI FMIPA UIHendro Santono, S.Si.
3
Wakil Sekretaris Jenderal ILUNI FMIPA UIDr. Tito Latif Indra, M.Si.
HUBUNGAN KERJASAMA & HUMAS
1
Hubungan Kerjasama EksternalAditya Girindra Wardhana, S.Si.
2
Humas 1Karmila Sari, S.Si., MM.
3
Humas 2Indra Zen, S.Si.
KETUA & WAKIL KETUA BIDANG OLAHRAGA & SENI MUSIK
1
Ketua Bidang OlahragaRiza Harmain, S.Si.
2
Wakil Ketua Bidang OlahragaGhalih W Akbar. S.Si.
3
Ketua Bidang Seni MusikDra. Diah Kusumaningrum
4
Wakil Ketua Bidang Seni MusikDina Rudita, SSi.

Universitas Indonesia merupakan salah satu universitas pertama di Indonesia yang memulai studi pelacakan alumni (Tracer Study) di tingkat perguruan tinggi. Pada tahun 2008 UI secara serius menggarap Tracer Study UI 2008. Terlepas dari beberapa kekurangan pada studi rintisan tersebut, Tracer Study UI 2008 telah terbukti bermanfaat bagi perguruan tinggi dan dunia kerja.

Pada tahun 2014 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam mulai konsisten menggarap Tracer Study FMIPA UI. Konsistensi ini terlihat dari beberapa peran alumni FMIPA UI yang melalui jasa konsultasi, hibah, serta dana sumbangan sukarela yang nantinya dana tersebut akan digunakan untuk pengembangan Fakultas MIPA UI melalui event atau acara tertentu. Tidak hanya itu, ILUNI FMIPA UI secara rutin akan membuat sebuah bulletin ILUNI FMIPA UI dan akan melakukan Tracer Study FMIPA UI berbasis kepakaran untuk dijadikan buku direktori lulusan FMIPA UI.

ILUNI FMIPA UI secara rutin mengadakan kegiatan tahunan yang bertajuk “Homecoming Day FMIPA UI” dengan tujuan (i) mempersatukan dan mempererat tali persaudaraan antara sesama alumni FMIPA UI, (ii) sebagai wadah yang memfasilitasi hubungan berkesinambungan antara alumni, fakultas, departemen, dan para mahasiswa FMIPA UI yang nantinya diharapkan dapat mendarmabaktikan ilmu pengetahuan dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat dan bernegara, (iii) menggali informasi lebih rinci mengenai biografi para alumni yang nantinya bisa menjembatani hubungan antara alumni dengan mahasiswa yang mencari pengalaman pembelajaran di dunia pendidikan tinggi dan sebagai prasyarat kinerja di dunia kerja, (iv) menggali informasi lebih lanjut mengenai transisi dari dunia pendidikan tinggi ke dunia kerja, relevansi pendidikan dan pemerolehan kompetensi alumni, aspek sosiobiografi alumni, serta memotret hubungan antara pengalaman pembelajaran di dunia pendidikan tinggi dan prasyarat serta kinerja di dunia kerja.

Sampai dengan tahun 2014 lulusan FMIPA UI telah mencapai ± 19.000 orang. Para alumni FMIPA UI yang telah berhasil dan berkarya untuk Indonesia tersebar di berbagai bidang di lembaga pemerintah seperti: BPPT, BAPETEN, BP Migas, BATAN, LIPI, Kementrian Pendidikan & Kebudayaan, Kementrian Dalam Negeri, Kementrian Energi dan Mineral, Kementrian Pertanian, Kementrian Keuangan, PT.Telkom. Sementara di lembaga non-pemerintah seperti WWF, CI, WALHI, NRM, World Bank. Adapun di perusahaan swasta, yang bergerak dalam bidang perbankan, asuransi, media massa, pertambangan & perminyakan, agrobisnis, consumer goods, komputer & IT, telekomunikasi, pemetaan digital, industri farmasi, industri kimia, industri semikonduktor, industri logam, pendidikan dan riset, survei.

ILUNI UI memiliki beberapa program antara lain :

  1. Melakukan pendataan ulang alumni FMIPA UI dan mengembangkan website alumni yang bermanfaat bagi perguruan tinggi dan dunia kerja, melanjutkan Program Tracer Study berbasis kepakaran oleh kepengurusan ILUNI FMIPA UI periode sebelumnya yang belum terlaksana.
  2. Temu Alumni/ Temu Akbar berupa reuni yang dilakukan oleh masing-masing Alumni Departemen.
  3. Kegiatan rutin bertajuk Homecoming Day FMIPA UI dengan tujuan
  4. mempersatukan dan mempererat tali persaudaraan antara sesama alumni FMIPA UI
  5. sebagai wadah yang memfasilitasi hubungan berkesinambungan antara alumni, fakultas, departemen, dan para mahasiswa FMIPA UI yang nantinya diharapkan dapat mendarmabaktikan ilmu pengetahuan dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat dan bernegara
  6. menggali informasi lebih rinci mengenai biografi para alumni yang nantinya bisa menjembatani hubungan antara alumni dengan mahasiswa yang mencari pengalaman pembelajaran di dunia pendidikan tinggi dan sebagai prasyarat kinerja di dunia kerja
  7. menggali informasi lebih lanjut mengenai transisi dari dunia pendidikan tinggi ke dunia kerja, relevansi pendidikan dan pemerolehan kompetensi alumni, aspek sosiobiografi alumni, serta memotret hubungan antara pengalaman pembelajaran di dunia pendidikan tinggi dan prasyarat serta kinerja di dunia kerja.
  8. Diskusi atau Sharing Soft Skill – dari Alumni untuk Mahasiswa dan dari Alumni untuk Alumni. Pada program ini ILUNI FMIPA UI tidak membatasi untuk berbagi ilmu pengetahuan dan keterampilan hanya dari alumni FMIPA UI, namun juga bekerjasama dengan Fakultas lain bahkan Perguruan Tinggi lain.
  9. Kegiatan Seni Budaya Bersama Alumni
  10. Aktivitas Olahraga Bersama Alumni

ILUNI FMIPA UI juga melakukan kerjasama dengan Mahasiswa Aktif dalam program dan kegiatan-kegiatannya.

Sampai dengan tahun 2019 lulusan FMIPA UI telah mencapai ± 21.000 orang. Para alumni FMIPA UI yang telah berhasil dan berkarya untuk Indonesia tersebar di berbagai bidang di lembaga pemerintah seperti: BPPT, BAPETEN, BP Migas, BATAN, LIPI, Kementrian Pendidikan & Kebudayaan, Kementrian Dalam Negeri, Kementrian Energi dan Mineral, Kementrian Pertanian, Kementrian Keuangan, PT.Telkom. Sementara di lembaga non-pemerintah seperti WWF, CI, WALHI, NRM, World Bank. Adapun di perusahaan swasta, yang bergerak dalam bidang perbankan, asuransi, media massa, pertambangan & perminyakan, agrobisnis, consumer goods, komputer & IT, telekomunikasi, pemetaan digital, industri farmasi, industri kimia, industri semikonduktor, industri logam, pendidikan dan riset, survei.